Gunung Sesean 2100 mdpl

Posted: December 28, 2010 in Gunung Sulawesi Selatan

Gunung Sesean 2100 mdpl

Gunung Sesean 2100 mdpl Terletak di Kabupaten Tanah Toraja Sulawesi Selatan, kita dapat menjangkaunya dari Makassar lewat kab. Sidrap, kemudian melewati kab.Enrekang lau sampailah di kab. Tanah toraja memudian menuju kecamatan sesean. Tempat ini dapat di jangkau dengan mobil angkutan kota sebesar Rp: 15.000 rupiah tahun 2009. Tapi kebanyakan para pendaki dating dengan menggunakan motor

Ini adalah salah satu Gunung yang paling sering dikunjungi oleh para pendaki, karena hanya butuh beberapa jam kira-kira 4jam untuk sampai di puncaknya. Terdapat 9 pos sampai di puncaknya.gunung ini juga sering dijadikan tempat piknik keluarga karna gunung ini sangat terbuka dan sangat jarang ditumbuhi oleh pepohonan, hall ini dis ebabkan karna gunung sesean pernah terjadi kebakaran hutan yang hamper menggabiskan 1/8 dari gunung. Gunung ini sangat menarik hati para pendaki karna dari atas puncak dapat melihat seluruh kab. Tanah toraja apabila cuaca sedang baik.

Trakking pertama di mulai dari kec.sesean sampan kantor desa. Dengan ketinggian 1400 mdpl menuju pos 1 terdapat pohon pinus besar dan pohon bamboo yang rimmbun.disini kita dapat istirahat “hati-hati dengan anjing penduduk” menuju pos 2 jalan dipenuhi bebetuan dan melewati kebun  kopi penduduk, kita juga melewati sebuah batu yang penduduk sekitar menyebutnya batu tumonga yang berarti batu mendongak  konon batu ini adalah jelmaan seekor kerbau besar yang yang berubah menjadi batu dengan posisi kepala mendongak keatas. Lokasi pos 2 sangat bagus sebagai tempat istirahat karna dari pos ini kita dapat melihat pemandangan yang sangat indah dan terdapat juga mata air di seblah barat. menuju pos 3.4.dan pos 5 tidak terlalu sulit. di pos 6 terdapat mata air yang sangat jernih. Di pos inilah para pendaki sering kali menginap karna di pos inilah sumber mata air terakhir.memang ketinggianya tidak terlalu tinggi tetapi kabut dan cuaca dingin dapat menyerang tiba-tiba karna gunung ini sangat terbuka maka angin lembah sangat leluasa berhembus.

Menuju pos 7 harus berhati-hati karna melewati pinggiran jurang, sesampai di pos 8 jalan sangat menanjak dan licin,pos 9 adalah puncak dari gunung sesean dengan elevasi 2100 mdpl yaitu berupa batu yang sangat besar. Apabila ingin menginap di puncak di sarankan agar tenda di ikat keras karnah angin dari lembah sangat keras dan jagan berdiri dekat dengan jurang karna sangat berbahaya, air juga harus dibawah dari pos 6 karna di puncak tidak terdapat sumber air.

Gunung ini sangat ramai di kunjungi bahkan oleh turis asing, kebanyakan gunung ini ramai di kunjungi pada momen, tahun baru, 17 agustus, hari bumi dan sumpah pemuda dan sering di adakan upacara babi para pecinta alam.

Untuk info lengkap kunjungi Categore laporan kegiatan KPA Garis. Makasih

Rekor :

  • G.Bawakaraeng 2800 MDPL  thn 2009
  • G.Rante Mario Latimojong 3478 MDPL thn 2009
  • G.Mekongga 2620 MDPL thn 2009
  • G.Tolangi 3016 MDPL thn 2009
  • G.Balease 2894 MDPL thn 2009
  • G.Sesean 2100 MDPL   thn 2002-2009
  • G.Buntu Puang 1904 MDPL  thn 2009
  • G.Bambapuang 1012 MDPL thn 2010
  • G.Sinaji latimojong 2600 MDPL   thn 2010
  • G.kambuno 2950 MDPL   thn 2010
  • G.Gandang Dewata  3037 MDPL  thn 2010
  • G.Nenemori Latimojong 3397 MDPL  thn 2011

Target :

  • Semua Gunung Di Dunia HA…Ha…ha…..???

 

Gunung Sesean

Comments
  1. pengen juga kwan naik kemping d sesean lagi tapi tdk ada yg mau ikut dengan saya……………………..

  2. ingin naik kemping lagi d sesean tanah kelahiran ku………………………

  3. Oke says:

    Tau koordinat gps puncak gunung sesean ga?
    Tks

    • latimojong says:

      gunung sesean hanya di jadikan lokasi camping ceria atau habiskan liburan, jadi ngk pernah kepikiran tentang titik kordinatnya,,
      tapi tenang aja nanti saya carikan posisi kordinatnya, ok bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s