Gunung Nokilalaki 2535 mdpl

Posted: December 30, 2010 in Gunung Sulawesi Tengah
Gunung Nokilalaki 2535 MDPL
Gunung Nokilalaki dengan ketinggian 2535 mdpl, merupakan salah satu tujuan pendakian yang cukup popular di Sulawesi Tengah. Selain jalur pendakian yang baik, keindahan alam dan kekayaan flora fauna di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan yang menggemari aktifitas alam bebas. Nokilalaki terletak di kecamatan Palolo kabupaten Sigi, atau berada di sebelah timur kota Palu, dapat di capai dengan dengan kendaraan selama 45 menit dari Kota Palu. Gunung ini berada dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu.

Sepanjang jalur pendakian menuju puncaknya anda akan melalui hutan tropis dengan pepohonan yang lebat, sumber air terdapat hampir di sepanjang jalur. Di sepanjang jalur pendakian terdapat tiga lokasi shelter yang bisa digunakan sebagai tempat menginap para pendaki.

Di gunung ini ada beberapa alternatif jalur, namun yang umum digunakan para pendaki adalah jalur pendakian daari desa Tongoa kecamatan Palolo. Dari desa yang berada di ketinggian 200 meter dari permukaan laut inilah pintu masuk yang bagus ke gunung Nokilalaki.

Pendakian kegunung ini memakan waktu 3 hingga 4 hari perjalanan normal dan santai. Kondisi medan juga cukup bervariasi dari landai, menanjak hingga cukup terjal, namun kondisi hutan dan suasana alami akan mengurangi kelelahan anda selama mendaki di gunung ini.

Data-data :
Gunung Nokilalaki mempunyai ketinggian 2.535 Mdlp, berada di kec. Palolo, Desa Tongoa, Kab. Sigi Biromaru, Sulawesi Tengah yang berjarak lebih kurang 62 Km dari kota Palu ibu kota Sulawesi Tengah. Flora yang terkenal yaitu Ekualiptus dan Rotan, sedangkan faunanya adalah Anoa, Kupu-kupu, Monyet dan berbagai jenis burung.

Pencapain ke Gunung Nokilalaki : 

Dari pelabuhan Pantoloan naek bis menuju terminal Mamboro Palu. Kemudian perjalanan dari terminal Mamboro Palu naek bis lagi ke terminal Petobo (SigiBiromaru), di sini anda dapat menyewa kendaraan seperti mobil, taxi, atau ojek yang akan mengantar anda langsung ke kaki gunung Nokilalaki (Desa Tongoa).
Keadaan jalur tiap pos :

KAKI GUNUNG – POS (SALTER) 1:
Jalur menuju pos 1 melalui hutan rapat dengan jalan yang cukup licin karena lumut, di sepanjang jalan terdapat sawah dari warga – warga yang tinggal di sekitar kaki gunung, juga terdengar aliran air yang mengalir, perjalanan ke pos 1 memakan waktu sekitar 1 jam. Keadaan di pos 1 atau salter 1 terdapat sebuah basecamp yang khusus di buat untuk para pendaki yang ingin menginap semalam di pos 1.
KET POS1 :
ketinggian : 322 mdpl
Suhu : 33 sampai 30 derajat celcius
Air : sungai deras. 

POS 1 – POS 2:
Perjalanan ke pos 2 di lalui dengan jalur yang agak sulit karena kurangnya Stringline, tanjakan yang terjal, dan menelusuri sungai kecil sampai sekitar 1500 meter, dari sini mulai menjauhi sungai dengan menerobos hutan. Berjalan melalui sela – sela pohon dan rotan, kemudian tiba di pos 2 dalam waktu 6 – 7 jam. di sini anda dapat menginap semalam jika di perlukan.
KET POS 2 :
Ketinggian : 1852 mdpl
Suhu : 28 sampai 26 derajat celcius / 24 celcius (jika hujan)
Air : sungai kecil (mulai menipis)

POS 2 – POS 3:
Dari pos 2 ke pos 3 memakan waktu sekitar 2 jam. keadaan jalurnya membingungkan karena kurangnya StringLine dan banyak terdapat jalur setapak yang bercabang – cabang. Saran saya jika anda masih pertama kali mendaki gunung ini gunakanlah Gaek (pemandu). Dari Pos 3 jika cuaca cerah kita dapat melihat panorama alam yaitu Danau Lindu yang berada di balik gunung Nokilalaki tepatnya di kecamatan Kulawi Kab. Donggala.
KET POS 3 :
Ketinggian : 2044 mdpl
Suhu : 25 sampai 24 derajat celcius
Air : tidak ada.

POS 3 – PUNCAK:
Dari pos 3 perjalanan ke puncak melalui punggung gunung dan sesekali terdapat tanjakan yang terjal. namun keadaan jalurnya sangat jelas terlihat. Dan sepanjang perjalanan kita dapat mendengar suara – suara Anoa, dan beberapa monyet yang menemani perjalanan. perjalanan di tempuh Selama kurang lebih 3-4 jam sebelum kita menggapai puncak Gunung Nokilalaki. keadaan di puncak gunung sangat lembab dan terdapat sebuah tugu yang menandakan titik tertinggi gunung Nokilalaki.
KET PUNCAK :
Ketinggian : 2535 mdpl
Suhu : 24 sampai 22 derajat celcius
Air : tidak ada

Waktu yang di habiskan dari Puncak ke kaki gunung sekitar 8 jam, dari kaki gunung berjalan kembali ke jalan raya tempat untuk menunggu angkot kembali ke Palu. jika ingin istirahat sejenak di kaki gunung terdapat sebuah warung makan.
ada baiknya sebelum mendaki dan setelah melakukan pendakian melapor pada pos penjaga kehutanan yang berada di kaki gunung.
Perjalanan dari kaki gunung langsung ke palu di tempuh sekitar 2 jam.

NB : 

  • mobil dari desa Tongoa ke Palu agak sulit. sehingga kadang kita harus menginap lagi di kaki gunung sembari tunggu mobil yang lewat.
  • setiap tanggal 17 agustus di adakan upacara pengibaran bendera merah putih di puncak gunung. oleh KPA, MAPALA, dan SISPALA se-sulawesi tengah.

Itulah data yang kami punya tentang Gunung Nokilalaki 2535 mdpl , semoga ada manfaatnya, makasih

By : KPA GARIS

Rekor :

  • G.Bawakaraeng 2800 MDPL  thn 2009
  • G.Rante Mario Latimojong 3478 MDPL thn 2009
  • G.Mekongga 2620 MDPL thn 2009
  • G.Tolangi 3016 MDPL thn 2009
  • G.Baliase 2894 MDPL thn 2009
  • G.Sesean 2100 MDPL   thn 2002-2009
  • G.Buntu Puang 1904 MDPL  thn 2009
  • G.Bambapuang 1012 MDPL thn 2010
  • G.Sinaji latimojong 2600 MDPL   thn 2010
  • G.kambuno 2950 MDPL   thn 2010
  • G.Gandang Dewata  3037 MDPL  thn 2010
  • G.Nenemori Latimojong  3397  MDPL   thn  2011

Target :

  • Semua Gunung Di Dunia HA…Ha…ha…..???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s