Gunung kandora 1130 mdpl

Posted: November 8, 2011 in Gunung Sulawesi Selatan

Gunung kandora kpa garis palopo

Gunung kandora berada  kab. Tanah toraja tepatnya sekitar 10 kilometer dari kota makale, dan dapat juga melalui akses dari Makassar kemudian sidrap, enrekang kemudian terakhir tanah toraja. Gunung kandora merupakan gunung batu yang menjulang tinggi dan memanjang dari  timur ke barat. Titik tertinggi gunung ini adalah 1130 mdpl. Memang tidak terlalu tinggi tetapi jalur yang dilalui sangatlah berbahaya dan memacu adrenalin, hal ini disebabkan karna jalur yang di lalui adalah tepian tebing dan jika terjadi kesalahan sedikit saja dapat berakibat fatal bagi si pendaki.

Gunung kandora kpa garis palopo

Jika ingin menaiki gunung ini anda cukup bertanya kepada warga arah menuju gunung kandora disekitar wilayah makale. Hampir semua orang toraja mengetahui gunung ini dikarnakan berkaitan dengan sejarah daerah setempat. Setelah menemukan jalur akses menuju kaki gunung anda kemudian memasuki jalan berbatu dan sedikit berbahaya jika terjadi hujan karna bebatuan yang bercampur tanah sangatlah licin.

Gunung kandora kpa garis palopo (Tenda Yang berdiri ti tepi jurang)

Garis Palopo . Gunung Kandora

Villa kandora , kpa garis palopo

Anda dapat memarkir kendaraan di rumah warga di sekitar kaki gunung, kemudian mulai mendaki melalui beberapa pohon pinus yang menjulang tinggi, tepat dibawa kaki gunung terdapat Villa kandora yang di bangun oleh pemerintah setempat, dan ditujukan bagi pendaki yang bermalam tepat di kaki gunung. Sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak para pendaki disarankan membawa air sebanyak-banyaknya karna di atas tidak terdapat sumber air yang dapat diminum.

Ada dua jalur yang dapat dilalui yaitu jalur normal dan jalur khusus bagi yang ingin megifesiankan waktu perjalan tetapi jalur itu di khususka bagi yang sudah professional  karna jalurnya jangatlah terjal dan membutuhkan beberapa pegangan besih, tetapi disarankan agar melalui jalur normal. Sekitar sejam para pendaki dapat sampai di punggungan batu pertama bagi yang ingin menginap di puncak haruslah mempersiapkan mental dan stamina karna tempat pijakan tenda sangatlah kecil dan bisa dikatakan sangat berbahaya apabila mendirikan tenda di punggungan tebing pertama.

Gunung kandora kpa garis palopo

Jalur menuju puncak dari punggungan pertama sangatlah berbahaya. Anda mesti konsentrasi dengan pijakan dan pengangan anda karna jenis bebatuan gunung kandora adalah bebatuan kapur yang sangat mudah pecah dan kropos. Puncaknya berada paling ujung sebelah barat dan butuh sekitar sejam apabila berada di punggungan batu ke dua. Ditandai sebuah batu yang di susun oleh para pendaki.

Dalam perjalan pulang anda haruslah berhati-hati, dan mesti lebih waspada karna biasanya para pendaki terkadang lebih ceroboh ketika dari puncak di banding ketika menanjak, sedikit kesalahan saja anda dapat terjatuh ke bawah jurang dengan ketinggian 100-200 meter. Dan sudah di pastikan anda pasti meninggal jika terjatuh dari jalur,

Catatan :

  • Bawalah suplay air sebanyak-banyaknya
  • Usahakan tidak menginap di puncak
  • Berhati-hati ketika naik terutama turun dari puncak
  • Jangan mencoret-coret di dinding fila
  • Hentikan pendakian ketika hujan atau diperkirakan akan turun hujan.

Posting by : Ayyung Kpa Garis Palopo.

Comments
  1. Edi takis says:

    asdasdasdas
    :matabelo
    pic-nya keyen2
    :thumbup
    mantra bero..
    lanjutkan…

  2. ADITYA says:

    TERIMAH KASIH SUDAH MEMPERKENALKAN OBJEK WISATA ALAM DI DAERAH SAYA MENGKENDEK… KAPAN LAGI MENGUNJUGI TORAJA… BISA K SAYA IKUT DENGAN KALIAN?
    .. JIKA SUATU SAAT BERKUNJUNG LAGI KE TANA TORAJA…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s